Cara Membuat Sate Daging Sapi Supaya Empuk
Sate Daging Sapi

Kami Bongkar Cara Membuat Sate Daging Sapi Supaya Empuk

BAGIMASAKAN – Idul Adha atau Hari Raya Kurban identik dengan pembagian daging kurban, termasuk Daging sapi. Dan Setiap pembagian daging sapi tersebut, terlintas selalu dibenak penerimanya adalah bagaimana mengolah daging sapi tersebut. Nah… salah satu menu favorit masyarakat indonesia adalah Sate.

Disamping Daging kambing dan ayam, daging sapi ini juga bisa dimasak menjadi sate. Lantas… bagaimana supaya sate daging sapi bisa empuk ??? pertanyaan ini mungkin terlintas dipikiran kita dan bagaimana mengolahnya dengan baik supaya hasil dari sate empuk banget..??? Perhatikan Hal-hal berikut Kami Bongkar Cara Membuat sate Daging Sapi Supaya Empuk :

Pertama-tama Perhatikan Jenis Daging Sapi
Gunakan bagian has luar atau has dalam. Jika anda memakai bagian lain dari daging sapi tersebut maka sebaiknya daging sapi dibungkus menggunakan daun papaya. Anda bisa baca berikut Panduan Lengkap Cara Mengolah Daging Agar Empuk Menggunakan Daun Pepaya

Perhatikan Cara Memotong Daging Sapi
Sebaiknya bersihkan antara lemak dan urat pada bagian permukaan daging tersebut, selanjutnya potong/ iris daging sapi secara melintang arah serat sekitar 1/2 cm tebalnya dan tidak terlalu besar. Hal ini agar daging lebih enak dikunyah terasa empuk sekali.

Tips Menusuk Sate
Gunakan tusuk sate besi atau bambu. Anda bisa melumuri sate dengan air jeruk lemon atau tancapkan tusuk sate pada buah nanas atau papaya muda terlebih dahulu setelah itu baru tusuk ke daging sapi secara melintang serat. Hal ini agar rasa empuk juga terasa di bagian dalem daging sapi tersebut dan tentunya akan menambah kualitas keempukan daging sate sapi tersebut.

Nah.. setelah Kita baca dan pelajari tips-tips pada tulisan di atas berikut kita bisa menyiapkan Beberapa Bahan dan Bumbu Resep Cara membuat Sate Daging Sapi Supaya Empuk, sebagai berikut :

Bahan Membuat Sate Daging Sapi Supaya Empuk
Daging Sapi ½ Kg
Kecap Manis 200 ml
Ketumbar Bubuk 2 Sendok Teh
Minyak Goreng 2 Sendok Makan
Daun Ketumbar (Petik Daunnya) 3 Batang
Tusuk Sate Secukupnya

Haluskan Bumbu Sate Daging Sapi
Bawang Merah 6 Siung
Bawang Putih 4 Siung
Cabe Rawit/ merah (buang bijinya) 3 Buah (Secukupnya)
Saos Tomat (botolan) 2 Sendok Makan
Garam 2 Sendok Teh
Lada/Merica Putih (Bubuk) ½ Sendok Teh
Garam 2 Sendok Teh
Gula Merah (sisir) 2 Sendok Makan

Kami Bongkar Cara Membuat Sate Daging Sapi Supaya Empuk
  1. Setelah membaca langkah-langkah di atas (mulai dari jenis daging, cara memotong daging sapi, dan Tusuk sate), maka selanjutnya lumuri daging sapi yang sudah ditusuk tersebut dengan bumbu yang sudah dihaluskan di atas.
  2. Selanjutnya tambahkan Kecap Manis, ketumbar bubuk, minyak. Untuk hasil yang maksimal diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Hal ini betujuan agar bumbu dan rempah-rempah tadi meresap betul ke dalam daging sapi)
  3. Kemudian bakar di atas bara api hingga matang, jangan lupa sambil sesekali diolesi bumbu halus tadi. Setelah itu angkat dan tata di atas piring saji sebagaimana gambar di atas. Dan Sajikan bersama Keluarga tercinta Anda.

NB. : Untuk proses pembakaran sate tersebut memerlukan kurang lebih waktu 4-7 menit, tergantung panas arang dan jumlah sate yang dibakar. Dan jangan lupa selama pembakaran sate dibolak-balik sesekali supaya matangnya merata.

Redaktur : Cak Hakim

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.