Panduan Lengkap Cara Mengolah Daging Agar Tidak Alot, Empuk, dan Lezat
Daging Agar Tidak Alot, Empuk, dan Lezat

Panduan Lengkap Cara Mengolah Daging Agar Tidak Alot, Empuk, dan Lezat

BAGIMASAKAN – Masakan daging menjadi andalan dalam acara-acara besar, seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, pernikahan, dan acara-acara hajatan lainnya. Daging merupakan sumber protein hewani yang banyak disukai oleh masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka dari itu untuk mengolah daging tersebut tentu saja tidak boleh sembarangan, selain harga daging yang sangat mahal, mengolah daging sembarangan akan mempengaruhi kandungan protein dan tekstur daging yang mudah sekali rusak.

Berbagai macam masakan daging yang menjadi primadona masyaakat khalayak, mulai daging di jadikan sate, gulai, rendang, sup, empal, steak, dan masakan lainnya. Nah… pengolahan daging yang lezat ini biasanya ditandai dengan daging yang lembut dan mudah dicerna oleh perut kita. Dan sangat penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu tentang cara memilih daging yang baik dan bagus. Tentunya kita tidak mau dong… sudah membeli daging mahal ternyata kualitas daging tersebut tidak baik. Langsung saja berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan perhatikan saat kita akan memilih daging tersebut :

Tips Memilih Daging Yang Bagus Ala BAGIMASAKAN
Mencari daging dengan harga murah sah-sah saja… namun kita jangan gampang tergoda dengan harga murah dari biasanya (harga umum di pasar). Karena, kemungkinan daging dengan harga murah tersebut kualitasnya kurang baik.
Pilihlah daging yang beraroma segar, dan tingkat kekenyalan yang cukup. Nah.. untuk masalah ini kita bisa mengetesnya dengan cara menekan-nekan daging tersebut
Selanjutnya adalah pilih daging yang tidak berair dan berwarna merah.

Nah.. setelah kita baca dan pelajari tips memilih daging yang bagus di atas, saatnya kita pelajari tahapan-tahapan atau panduan lengkap cara mengolah daging agar tidak alot, empuk, dan lezat ?

Panduan Mencuci Daging ala BAGIMASAKAN
Ketika mengolah daging, jangan mencuci dan merendam daging terlalu lama. Karena hal tersebut bisa menghilangkan berbagai kandungan gizi, protein pada daging. Dan daging akan menjadi keras ketika dimasak.
Daging yang direndam terlalu lama juga akan menjadi berwarna pucat dan terlihat tidak segar. Selain itu, ketika direndam terlalu lama, daging akan menjadi keras setelah dimasak.
Setelah dicuci bersih daging bisa anda tempatkan di kulkas, sebelum daging dimasak.

Cara Memotong Daging Agar Tidak Alot, Empuk, dan Lezat
Memotong daging yang benar ala BAGIMASAKAN adalah memotong dengan melawan arah alur serat daging. Karena hal tersebut akan membuat daging terasa empuk saat dimakan, serat dalam daging tersebut akan lebih mudah untuk dihancurkan, daging tidak menempel, dan daging akan menjadi lebih empuk..

Cara Mengolah Daging Agar Empuk Menggunakan Nanas
Buah Nanas merupakan salah satu cara agar masakan Daging kita terasa Empuk, tidak alot. Nanas sendiri memiliki kandungan enzim yang bernama bromelin yang mampu mengurai ikatan protein. Kita bisa mencampurkan parutan nanas ke Daging tersebut, semakin lama maka kualitas tekstur daging akan semakin empuk, bahkan daging tersebut bisa sampai meleleh. Jadi ketika proses pencampuran Daging dengan nanas tersebut sebaiknya kita mengatur waktu sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan tingkat keempukan daging yang kita inginkan.

Cara Mengolah Daging Agar Empuk Menggunakan Daun Pepaya
Selain nanas di atas, kita juga bisa memanfatkan daun agar teksur daging tidak alot, dan daging menjadi empuk saat dikunyah. Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang bisa mengempukkan daging yang kita masak. Caranya yakni dengan meremas-remas daun pepaya muda kemudian daun pepaya tersebut dibungkuskan pada daging, setelah itu diamkan selama kurang lebih 20-40 menit, kemudian daging cuci sampai bersih kemudian tiriskan. Daging Siap dimasak sesuai selera keluarga.

Cara Mengolah Daging Agar Empuk Menggunakan Air Lemon
Perasan air lemon atau jeruk nipis akan membuat tekstur daging jadi lebih empuk selain itu perasan Jeruk nipis atau Lemon memberikan citarasa yang segar terhadap daging tersebut. Disebabkan kandungan asam pada Air Lemon tersebut mampu memecah struktur protein daging sehingga membuat daging lebih empuk dan enak pada saan dikunyah. Nah.. Caranya cukup mudah yakni balurkan perasan air jeruk nipis atau Air Lemon dengan rata pada permukaan daging, selanjutnya kita bisa menyimpan ke dalam kulkas, kurang lebih selama 1-3 jam sebelum dimasak.

Selamat mencoba, dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi masyarakat, TerimaKasih !

Redaktur : Ning Silviana Sholeha

Komentar Anda

Alamat Email Anda tidak akan Kami Publikasikan. Isian yang wajib diisi ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.